Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya

Penyaluran Zakat sebagai Ajang Berorganisasi

Penyaluran zakat fitrah OSIS SMPN 1 Wonosobo tanggal 8 Juni 2018 ternyata memiliki banyak manfaat. Disamping memupuk jiwa sosial dan kepedulian siswa terhadap orang-orang kecil, kurang mampu, anak yatim, dan pihak-pihak yang berhak, juga punya manfaat lainnya. Seperti melatih siswa berorganisasi. Karena sejak awal persiapan pembagian zakat sudah didahului dengan berbagai kegiatan. Antara lain, pembentukan panitia, rapat pengurus, pembagian tugas, membagikan pengumuman kepada semua siswa muslim, pengumpulan uang/beras zakat, menyampaikan pengumuman kepada masyarakat sekitar, pendataan surat-surat permohonan yang masuk, pembelian beras, pengemasan, dan pendistribusian.

Bertempat di ruang 8G SMPN 1 Wonosobo, OSIS di bantu pengurus kelas, khususnya ketua dan bendahara kelas, membagikan zakat fitrah. Mulai jam 08.00 WIB penyaluran zakat fitrah dilaksanakan. Zakat yang sudah dikelompok-kelompokkan dengan rapi dikemas dalam karung dan tas plastik. Nampak beberapa siswa berjaga di antara tumpukkan zakat tersebut, sementara siswa putri menunggu di depan meja panitia untuk mencentang data penerima yang sudah datang mengambil. Ada yang membawa kamera untuk mengabadikan momen religius tersebut. Ada yang berjaga di teras ruang penyaluran zakat, menyambut tamu datang. Yah, penyalur dan penerima zakat disongsong layaknya tamu istimewa. Mereka sapa dengan ramah dan santun, diminta kuponnya, lalu diambilkan zakat sesuai jumlah yang tertera dalam kupon.

Keceriaan penerima zakat yang begitu gembira, seolah menjadi penawar lelah bagi siswa-siswa yang luar biasa tersebut. Mengingat sejak tanggal 31 sampai dengan 6 Juni 2018 mereka sudah mulai bekerja untuk mengumpulkan zakat. Kemudian dilanjutkan tanggal 7 Juni 2018 pengemasan zakat. Kegiatan besar seperti itu di bulan puasa bagi siswa tentu bukan hal mudah, tetapi atas kegigihan mereka, kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Tempat pengumpulan zakat di teras perpustakaan SMPN 1 Wonosobo, “Perpustakaan Parva Pangkaja” yang disetting seperti kantin, dengan 3 pos. Masing-masing pos dijaga oleh 2-3 siswa.

Penyaluran zakat fitrah tersebut dapat terlaksana dengan baik atas bimbingan Pak Sutikno selaku Waka Kesiswaan, Bu Endang sebagai Pembina OSIS, dan beberapa guru PAI. Sedangkan panitia zakat adalah Pengurus OSIS inti dan Sekbid Keagamaan Islam dibantu DPK khususnya ketua dan bendahara. Ada pun pihak penerima zakat disamping siswa yang berhak, yayasan, lembaga masyarakat, pantai asuhan, masyarakat sekitar sekolah yang berhak, dan bapak-ibu guru yang ikut menyalurakan bagi masyarakat sekitar tempat tinggal. Ratusan bungkus zakat akhirnya terdistribusi dengan baik, tertib, dan lancar. Yang paling unik saat menjelang akhir penyaluran, banyak kuli panggul dan pedagang kecil di sekitar pasar Wonosobo berduyun-duyun datang untuk meminta zakat. Padahal mereka tidak terdata dan tidak mendapat kupon. Namun oleh panitia telah disisihkan hak mereka karena sudah berjalan bertahun-tahun dan alhamdulillah semua dapat bagian.

“Alhamdulillah pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah lancar karena dikerjakan dengan sangat sungguh-sungguh dan dengan hati yang ikhlas. Semoga kegiatan ini menjadi ibadah bagi kita semua” kata Ketua OSIS, Sotya Jauhari. Imbunhnya, “Panyaluran zakat merupakan program kerja tahunan sebagai implementasi nilai-nilai PPK “religius”. Ayesha salah satu anggota panitia mengaku, “Ikut bahagia karena bisa melihat orang lain berbahagia melalui penyaluran zakat fitrah ini”. Demikian juga dengan panitia yang lain, seperti Turmedi, Chandra, Hemas, Alfin, dan lainnya mengaku senang menjadi panitia zakat karena merasa ikut berbagi kegembiraan kepada banyak orang. Juga telah menjalankan perintah agama khususnya rukun Islam yang ketiga. “Benar-benar kegiatan yang memberi pengalaman berharga dalam berorganisasi” seru Turmedi yang begitu bersemangat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali