Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya

OSENG KANGKUNG DAN SAYUR BENING HASIL HIDROPONIK

Selama bulan puasa ini aku memasak sayur oseng kangkung dan sayur bening tesin masing-masing dua kali. Mengapa hanya oseng kangkung dan sayur tesin saja kuceriterakan di sini? Karena kangkung dan tesin tersebut buah dari tanaman hidroponik suamiku yang mulai bulan April lalu memasuki masa purna tugas. Jadi yang kuceriterakan bukan semata-mata sayurnya namun lebih ke sikap keluarga dalam menghadapai seorang kepala keluarga memasuki masa pensiun. Sebagai salah satu karyawan di sebuah instansi pemerintah, usia 58 menjadi masa akhir pengabdian. Itu saja sudah mengalami perpanjangan masa kerja yang semula 56 tahun menjadi 58 tahun.

Berbagai sikap bisa timbul ketika salah satu keluarga, khususnya kepala keluarga memasuki masa purna tugas. Ada yang biasa saja, ada yang gelisah, resah, bahkan bingung, ada yang senang karena merasa bebas dari tanggungjawab kedinasan, atau bahkan stress. Memang masapensiun bagi sebagian orang menjadi momok yang menakutkan. Betapa jabatan yang selama ini disandang mendadak hilang. Gaji, tunjangan, dan insentif lain yang selama ini lancar, rutin, dan lumayan, tiba-tiba terhenti dan hanya menyisakan gaji saja. Itu pun sudah tidak menerima secara penuh hanya 80% saja. Sebagai anggota keluarga sebaiknya memahami kondisi tersebut, baik dari segi finansial maupun psykis. Karena tak jarang ada pesiunan yang mengalami “post power syndrom”. Personal Growth, mengatakan post power syndrome biasanya muncul setelah orang kehilangan kekuasaan atau jabatan, diikuti dengan harga diri yang menurun. Akibatnya, ia bisa merasa tidak lagi dihormati dan lebih mudah tersinggung dan curiga.

Untuk mengisi waktu luang masa pensiun banyak dilakukan banyak cara, salah satunya bertanam hidroponik. Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman seperti buah, sayur, atau bunga dengan memanfaatkan media air dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Kelebihan tanaman hidroponik adalah jenis tanaman hidroponik tahan dan bebas dari hama dan penyakit. Kelebihan tanaman hidroponik selain mudah dalam pengendaian hama dan penyakit tanaman, juga efek pencahayaan. Hidroponik juga merupakan metoda bertanam yang ramah lingkungan di lahan luas maupun sempit. Tanaman juga lebih bersih dan segar, rasanyapun enak. Jenis tanaman hidroponik bisa bermacam-macam. Karena air untuk bertanam kaya dengan berbagai nutrisi. Kelebihan lainnya adalah pada kuaitas hasil yang lebih aman dan sehat. Yang ditanam suamiku di rumah adalah sayuran kakung, sawi, bayam, kentang, dan cabai. Untuk tanaman bunga ditanam dengan media tanah.

Untuk sementara bertanam hidroponik baru sebatas mengisi masa purna tugas yang pasti banyak waktu luang. Kebetulan basis pendidikan memang dari akademi Farming dan hobi bertanam. Semoga tanaman hidroponik suamiku tumbuh subur, sehat, dan lebat sehingga tidak perlu repot untuk membuat sayur. Kalau untuk konsumsi sendiri memang cukup dan tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan bisnis. Sayur kangkung masakanku pun laris manis, juga sayur bening sawi buah bertanam hidroponik di rumah. Agar tidak bosan diselang-seling antara memasak kangkung, sawi, dan bayam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah..tentu segar dilihat dan senang sekali...

09 Jun
Balas

Ya bu, tadi tidak sempat kirim foto keburu ngantuk haha ..makasih apresiasinya bu Min. Selamat berpuasa, semoga sehat selalu. Amin.

09 Jun

Mau dong ikut tanam hidroponik

10 Jun
Balas

Ayo bu Rom, main ke rumah. Sekalian bawakan opak sama rengginangnya. Ditunggu lho. Makasih ya singgah mengapresiasi.

11 Jun

Mau dong ikut tanam hidroponik

10 Jun
Balas

Mau dong ikut tanam hidroponik

10 Jun
Balas

Sistem tanam hidroponik tidak butuh biaya tinggi, kalau ditekuni insyaallah menjadi lahan ekonomi keluarga

10 Jun
Balas

Benar pak, untuk mengisi waktu senggang dan nambah income keluarga. Makasih apresiasinya. Salam sehat dan sukses selalu. Amin.

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali