Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Mengenalkan Literasi pada Anak

Mengenalkan Literasi pada Anak

Minat baca anak sekarang ini disinyalir kurang karena adanya pengaruh perkembangan teknologi. Anak lebih senang bermain dengan gadged dari pada membaca buku. Bermain game juga menjadi andalan permainan gaya terkini. Hingga ada yang meremehkan buku yang dianggap kuna. Anak yang suka baca buku dianggap jadul alias ketinggalan zaman.

Fenomena ini menjadi keprihatinan bersama. Karena itu, pemerintah melalui dinas pendidikan dan olah raga bidang dikmas, memfasilitasi berdirinya TBM di daerah-daerah. Namun prakteknya upaya untuk membudayakan minat baca masyarakat tidaklah mudah. Apalagi mendasari anak untuk suka baca atau datang ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Pengelola harus pandai menyiasati agar perpustakaan desa yang memiliki banyak keterbatasan itu tetap dikunjungi pengguna.

Karena itu, TBM Srikandi Wonosobo berupaya dengan menambah koleksi bacaan dan meyediakan permainan anak. Alhamdulillah dalam hal penambahan koleksi, ada beberapa pihak yang terketuk hatinya untuk menyumbangkan buku bacaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Salah satu tantangan terberat kita memang tehnologi, bu Eko. Pastinya setiap kemajuan ada nilai lebih dan kurangnya. Sekarang ini, bahkan anak balita pun tidak ada yang tidak mengenal android. Buku menjadi terkesampingkan. Dengan GLS kita kembalikan kebiasaan membaca sehingga menjadi budaya demi kemajuan bangsa. Salam sehat dan sukses selalu bu guru. Barakallah.

11 Jul
Balas

Ya bu, meski dengan tertatih-tatih, gerakan literasi yang saya lakukan berdampak positif bagi masyarakat. Trims apresiasinya bu, salam literasi!

12 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali