Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Meliput Berita

Meliput Berita

Materi ekskul Jurnalistik SMPN 1 Wonosobo pada pertemuan yang kedua adalah Menulis Berita. Sebanyak 23 siswa mendengarkan penjelasan dari kakak pembina dan pelatih dengan sungguh-sungguh. Peserta pada kegiatan kali ini bertambah tiga orang yang semuanya cowok. Jadi jumlah peserta yang terdata semua ada 26 orang, tiga orang tidak hadir. Kegiatan yang kedua ini pun mengalami perubahan soal tempat kegiatan. Sebelumnya berada di ruang kelas 8D pindah ke 8E karena 8D digunakan untuk ekskul OSN IPA.

Erwin Abdillah menegaskan bahwa kegiatan jurnalistik itu tidak sulit. Mencakup aktivitas mencari data, menulis, menyunting, hingga mempublikasikan. Menulis karya bentuk berita, profil, dan lainnya lalu ditempel di mading saja sudah termasuk kegiatan Jurnalistik. Yang ditulis juga peristiwa yang terjadi di sekitar kita yang memiliki nilai kemanusiaan, penting, aktual, faktual, dan menarik.

Materi tersebut selaras dengan materi tekstual yang dicopy dan dibagikan oleh pembimbing lainnya (Eko Hastuti). Secara sederhana jurnalistik itu laporan tentang peristiwa sehari-hari yang mencakup unsur 5W plus 1H. Isinya aktual, faktual, penting, dan menarik yang dipublikasikan di media cetak, media elektronik, atau media online.

Adapun teknik penyusunannya menggunakan model Piramida Terbalik. Yakni sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian berita yang dimulai dari lead/intro/teras berita, tubuh berita, informasi pendukung, data tambahan, kronologi, dan seterusnya. Maksudnya tulisan dimulai dari yang terpenting, penting, agak penting, pendukung, dan sebagainya. Pada bagian judul harus ditulis dengan bahasa yang jernih sehingga tidak menimbulkan pengertian ganda. .

Manfaat dari metode Piramida Terbalik bagi pembaca yang waktunya terbatas, dapat mengetahui sebuah peristiwa hanya dengan membaca bagian awalnya saja. Bagi wartawan atau redaktur akan memudahkan dalam penyuntingan. Selain itu juga dapat menghemat space halaman sehingga dapat digunakan untuk kepentingan lain, iklan misalnya. .

Usai penyampaian materi, peserta langsung keluar kelas untuk meliput berita melalui wawancara. Kebetulan sore itu, ada kegiatan lain di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih Bu Eko, bermanfaat banget nih artikelnya

13 Sep
Balas

Nggih bu, alhamdulillah kalau bermanfaat. Pripun kabare bu Rom, kangen nih. Kapan jumpa lagi ya?

13 Sep

Luar biasa ilmu jurnalistik bu Eko. Jazakumullah khoiron katsiro sudah berbagi di sini. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bu guru.

13 Sep
Balas

Makasih bu, masih belajar kok. Salam sehat selalu nggih.

13 Sep

Wah..banyak ilmunya Bu. Terimakasih sudah berbagi.

13 Sep
Balas

Nggih pak, sami-sami. Matur nuwun apresiasinipun.

13 Sep

Terima kasih ilmunya Bun...

13 Sep
Balas

Sami-sami bu Rini, salam sehat dan sukses nggih.

13 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali