Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya

Laksita Judith Sumbangkan 95 Buku

Wonosobo – Senin, 2 Juli 2018 Perpustakaan Srikandi, Andongsili, Wonosobo mendapat sumbangan buku dari seorang penulis remaja, Laksita Judith Tabita. Buku yang didonasikan sebanyak 95 judul , 2 majalah, dan 2 bulletin. Sebagian buku masih baru, bahkan sampul plastiknya pun belum dibuka alias masih bersegel. Dilihat dari jenisnya buku tersebut sangat beragam. Ada buku tentang sejarah, agama, bahasa dan sastra, psykologi, kesehatan, keterampilan hidup, dan sebagainya. Untuk bahasa meliputi bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Sedangkan buku yang masuk klasifikasi sastra, berupa novel dan kumpulan cerita fiksi. Yang paling mengesankan lagi, Tabita juga menyumbangkan beberapa bukunya yang terhimpun dalam buku PCPK (Penulis CilikPunya Karya), Duet Penulis, dan Penulis Bersama. Jelas, donasi buku dari Laksita ini akan menambah koleksi Perpustakaan Srikandi atau TBM Srikandi yang saya kelola.

Donasi buku dari Laksita tersebut sangat mengejutkanku selaku pengelola. Mengingat beberapa tahun sebelumnya, Sita (panggilan akrabnya) pernah cerita kalau ingin mendirikan perpustakaan pribadi di rumahnya. Bisa jadi rencana tersebut tidak terealisasi atau mungkin buku-bukunya sudah banyak dan ruangannya tidak cukup. Sehingga perlu beberapa buku untuk dikurangi terutama buku yang sudah tidak terpakai dan buku-buku untuk dewasa. Terlihat ada buku tentang UU dan Peraturan Pemerintah tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU RI tentang Pajak dan Penghasilan, dan UU RI tentang Pemilu. Yang lebih mengesankan lagi, Sita juga menyumbangkan buku-buku berbahasa Jawa. Apakah karena aku yang juga mantan gurunya ini sebagai guru bahasa Jawa? Wah, kalau benar alasannya itu aku jadi tersanjung.

Yang lebih unik lagi, cara Sita menyumbangkan buku. Sita mengirim inbox ke FB-ku begini: “Assalammu’alaikum, bu Eko punya perpustakaan desa ya? Saya kebetulan punya buku pengetahuan, kira-kira ibu mau tidak? Kalau mau saya antar ke smp”, tulis Sita. Aku langsung membalas, “Mau sekali”.

Selanjutnya kami kotak lewat WA, kebetulan hari yang dijanjikan aku tidak bisa ketemu langsung dengan Sita. Karena aku akan kedatangan teman-temanku Reuni SPG Muhammadiyah Muntilan. Akhirnya, agar Sita tidak lama menunggu, kuhimbau agar dititipkan Pos Jaga SMPN 1 Wonosobo. Baru keesokan harinya aku baru mengambil buku satu kerdus tersebut. Selain minta maaf, aku hanya bisa mendoakan kepada Sita, melalui WA, “Semoga Sumbangan buku darimu dapat meningkatkan minat baca pengguna Perpustakaan Srikandi. Mudah-mudahan juga, kebaikanmu berbagi ilmu menjadi amal sholeh yang kelak akan mengalirkan pahala yang dari Allah SWT”.

Selain senang mendapat sumbangan buku, juga bangga yang tiada tara. Ternyata, mantan muridku, Laksita Judith Tabita yang sudah menjadi penulis dari kecil ini pernah mengikuti ekskul Jurnalistik di SMPN 1 Wonosobo yang pernah kuampu. Luar biasa, ternyata orang yang berbuat baik itu dipermudah Allah dengan datangnya kebaikan oleh orang lain. Setelah kuposting di gurusiana, semoga tulisan ini dibaca Sita. Karena Sita selain sebagai penulis, juga seorang blogger, dan aktif di medsos seperti WhatsApp, Twitter, email, facebook, dan blogger. Sita sekarang duduk di bangku SMAN 2 Wonosobo kelas 11. Terima kasih, Sita, semoga ke depan tulisan-tulisanmu terus mengalir, buku-bukumu tambah banyak, dan prestasinya bertambah. Amin. (eko)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Berbagi untuk kebaikan,

09 Jul
Balas

Ya bu, betul. Donasi buku dari Laksita ini benar-benar mengejutkan, betapa siswa yang masih usia remaja saja sudah punya jiwa sosial yang tinggi. Sungguh ini membanggakan bu Rom. Makasih, ayo kapan main ke TBM Srikandi bu.

09 Jul

alhamdulillah..keren sekali Bun. Salam kenal salam literasi..

09 Jul
Balas

Alhamdulillah bu, diberi kemudahan oleh Allah. Ternyata benar kebaikan kita akan dibalas dengan kebaikan orang lain. Saya mengelola TBM sejak 2005 bu, begitu berat merintisnya. Setelah berlangsung sekian lama, kemudahan datang bertubi. Ada saja orang yang menyumbang buku, jadi koleksi semakin bertambah. Laksita ini dulu muridku waktu SMP, dia memang keren dan luar biasa. Iya bu, salam kenal kembali. Terima kasih.

09 Jul

Alhamdulillah....keren skali....

09 Jul
Balas

Ya bu, Laksita memang keren. Begitu besarnya jiwa sosial untuk berbagi ilmu. Padahal sebagian besar buku-buku baru dan masih terbungkus plastik. Alhamdulillah. Makasih kunjungan dan apresiasinya bu, selamat pagi. Salam literasi!

09 Jul

Luar biasa karena Ibu sangat dipercaya sehingga sumbangan buku selalu datang menghampiri

09 Jul
Balas

Nggih pak, alhamdulillah. Matur nuwun.

09 Jul

Aamiin ya robbal'alamin dan semoga sumbangan bukunya semakin memperlengkap koleksi buku di TBM Srikandi

09 Jul
Balas

Ya bu, amin. Alhamdulillah dapat menambah koleksi TBM Srikandi. Makasih kunjungan dan apresiasinya bu Dyahni. Salam literasi.

09 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali