Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Kisah Pohon Salak

Kisah Pohon Salak

Pohon salak ini tepat berada di depan gerbang SMPN 5 Watumalang. Buahnya lebat dengan ukuran yang mulai besar. Jumlahnya sangat banyak karena ditanam di lahan yang luas. Sungguh menggiurkan, rasanya ingin memetik langsung dari pohonnya. Pasti rasanya manis karena berbuah di musim kemarau. Meski sudah sedikit turun hujan, salak-salak di wilayah Watumalang termasuk "masir" dan manis rasanya. Buktinya, begitu kami masuk gedung sekolah dan dipersilakan duduk di ruang yang sudah dipersiapkan, sudah tersaji salak di piring-piring. Ukurannya bahkan lebih besar dari yang kulihat tadi. Maka jangan tanya, langsung kami santap dengan lahap.

.

Sebelum sampai ke lokasi (SMPN 5 Watumalang), kami disuguhi pemandangan yang indah. Pohon-pohon cemara yang tinggi menjulang, berjajar di kiri kanan jalan. Kontras dengan jalannya yang meliuk-liuk, naik turun. Disambung dengan pohon salak di kiri kana jalan juga yang sangat lebat. Waktu siang hari saja jalanan terasa sedikit gelap karena sinar matahari terhalang oleh rerimbunan dedaunan. Batang pohon, ranting-ranting, dan cabang-cabangnya yang mengembang. .

Pemandangan alamnya pun semakin naik ke tempat yang lebih tinggi makin menakjubkan. Lereng-lereng terjal, sawah-sawah, liukan sungai, dan bayang-bayang bebukitan menyembul bak lukisan alam. Wou, keren... keren... tapi ketika tanjakan meninggi, rasanya sampai susah bernapas. Antara takjub dan takut jika bus tidak kuat naik atau melaju kencang di turunan panjang. Saya tak henti-hentinya berdoa mohon keselamatan, maklum baru sekali melewati jalan itu. Ini benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.

.

Semoga pak Narto dapat kuat dan semangat mengemban tugas sebagai kepala sekolah yang baru. Mengingat jarak dari rumah ke sekolah sekitar 42 km dan membutuhkan waktu perjalanan hampir 2 jam atau 1.45 menit. Medan yang lumayan sulit dan cuaca yang mendekati musim hujan. Namun karena amanat tersebut adalah tugas negara maka harus dijalani dengan lapang dada, sabar, dan ikhlas agar perjuangan dan pengorbanan pak Narto menjadi ladang amal. Semoga selama bertugas pak Narto diberi kesehatan, kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan. Amin YRA.

#jurnalspensawonoso

#jurnalspensa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga keikhlasan beliau berbuah keberhasilan

20 Sep
Balas

Amin, semanis buah salak ya bu. Baik, makasih bu atas kunjungan dan apresiasinya.

20 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali