Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Juarai Lomba Rumpun Bahasa

Juarai Lomba Rumpun Bahasa

SMPN 1 Wonosobo meraih Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Indonesia (Amara), Juara 2 Pidato Bahasa Inggris (Raissa), dan Juara 2 Macapat (Andini). Lomba Rumpun Bahasa tingkat SMP tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Oktober 2018 di SMPN 2 Wonosobo. Lomba dimulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 lebih.

Sebelum acara pembukaan, peserta hadir di lokasi langsung melakukan daftar ulang dan mengambil nomor undi. Pukul 08.15 acara pembukaan dimulai, semua peserta lomba rumpun bahasa berkumpul di aula lantai 2. Adapun rangkaian acara meliputi pembukaan, laporan panitia, sambutan oleh pejabat diknaspendidikan Wonosobo, dan doa penutup. Keseluruhan peserta berjumlah 58 (pidato bahasa Indonesia), 54 (pidato bahasa Inggris), dan 53 (Macapat). Pada saat pelaksanaan lomba peserta bertempat di ruang yang terpisah. Untuk lomba pidato peserta diperkenankan masuk ruang namun untuk Macapat, peserta hanya menunggu di luar dan masuk ketika dipanggil untuk tampil.

Setiap jenis lomba punya petunjuk teknis masing-masing termasuk tema. Sub tema untuk pidato bahasa Indonesia ada tiga pilihan yakni penguatan pendidikan karakter, remaja anti narkoba, dan semangat kebangsaan. Tema pidato bahasa Inggris meliputi character building for student, nasionalism, education, or drugs. Peserta memilih salah satu tema tersebut untuk ditampilkan maksimal 5 menit. Untuk lomba Macapat, peserta harus menampilkan 5 bait tembang Gambuh secara berurutan. Misalnya bait 1 sampai 5,bait 2 sampai 6, bait 10 sampai 15 atau bait 12 sampai 17. Kriteria penilaian lomba Macapat meliputi laras, titi laras, cengkok, ucapan, pedhotan, purba andhegan, laya/irama,gregel, dan luk.

Menjelang pengumuman pemenang, yuri pidato bahasa Indonesia (Yosephin Maryati) menghimbau agar siswa saat lomba didampingi. Teks terlebih dahulu dinilai ejaan, tata tulis, dan pemilihan katanya. Secara naskah itu menjadi tanggung jawab pembimbing. Karena masih banyak teks yang kualitasnya sangat kurang. Termasuk isi/konten harus sesuai dengan salah satu sub tema, jangan hanya copas dari internet. Pada saat tampil perlu improvisasi sesuai dengan isi pidato. Jadi siswa harus paham maksudnya, tidak hanya menghafal. Yuri lain juga memberikan ulasan tentang penampilan dan ekspresi saat pidato.

Selamat untuk para juara. Peserta yang belum berhasil masuk 6 besar, juga sudah sukses mengalahkan emosi diri sendiri. Karena lomba itu bukan pertandingan, yang harus mengalahkan orang lain. Setidaknya melalui lomba, terbentuk karakter, menjadi orang baik, selalu berpikiran positif, punya toleransi dan apresiasi pada keberhasilan orang lain. Semua harus mendukung dan mengapresiasi peserta lain, sekaligus melestarikan budaya Jawa "Macapat". Manfaat lain, juga dapat mengasah keterampilan berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan bahasa Inggris secara fasih. (ekohastuti).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Top tenan SMPN 1 Wonosobo. Selamat dan sukses! Cuma beritanya masih kurang lengkap. Perlu ada tambahan, "Menurut penuturan guru bahasa Indonesia, Eko Hastuti...." Hhhh...

04 Oct
Balas

Hehe.. nggih pak, dereng rampung niku. Selak ndadar telur kangge sarapan lare haha.. Nuwun rawuh lan apresiasinipun pak Edi.

04 Oct

Alhamdulillah Selamat Ibu atas capaian siswa SMPN 1 Wonosobo, gurunya memang top

04 Oct
Balas

Nggih pak, matur nuwun. Alhamdulillah.

04 Oct

Selamat untuk prestasi siswi siswinya dan juga guru pembimbingnya yang pasti mumpuni di bidangnya.

04 Oct
Balas

Terima kasih bu Dyahni, apresiasi ibu selalu membuat senang dan membanggakan. Semoga ibu juga selalu diberi kemudahan dan kesuksesan di berbagai hal. Amin.

04 Oct

Waah..., selalu luar biasa, mbakku ini. "Macapat" itu, apa dan bagaimana ya mbak ? Mungkin bisa mbak tulis satu artikel supaya orang di luar jawa seperti diriku bisa mengerti. Jazakumullah khoiron katsiro, mbak. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Srikandi Dieng.

04 Oct
Balas

Wah, selalu memberi ide segar buat menulis bu ini hehe.. baik, saya coba tulis nanti. Makasih kunjungan dan apresiasinya bu Nana, amin. Salam sehat dan sukses juga.

04 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali