Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
DIKLAT BERBUAH DUA BUKU

DIKLAT BERBUAH DUA BUKU

Beberapa waktu lalu aku absen menulis di gurusiana. Disamping adanya beberapa kegiatan yang tak bisa ditinggalkan juga disibukkan oleh agenda akhir tahun sekolah. Mengoreksi pekerjaan siswa setelah UKK, mengolah nilai, dan mengentry data nilai secara online cukup memeras keringat. Mengapa sampai memeras keringat? Ya, karena mata pelajaran yang kuampu adalah mapel mulok “Bahasa Daerah” atau Bahasa Jawa. Jumlah jam setiap minggu hanya 2 jam pelajaran. Praktis agar memenuhi minimal jam linier 24 per minggu, aku harus mengajar 12 kelas. Itu artinya pekerjaan koreksi dan mengolah nilai rapor mencapai 12 kelas. Bisa jadi jumlah kelas tersebut dua atau tiga kalinya beban mengajar teman lain. Lebih-lebih mata pelajaran bahasa Indonesia yang jumlah jam mengajarnya 6 jam per minggu. Mata pelajaran matematika juga 6 jam per minggu, jadi guru yang mengajar mata pelajaran tersebut sebenarnya mengajar 4 kelas saja sudah memenuhi jam minimal.

Alhamdulillah, di tengah kesibukkanku itu aku dapat menyelesaikan naskah buku kumpulan puisi hasil diklat sagusabu kabupaten Wonosobo tahun ini. Judul dua buku kumpulan puisiku tersebut adalah “Merayu Rindu” dan “Membaca Tanda”. Jika buku “Merayu Rindu” hanya berisi 52 judul puisi, buku “Membaca Tanda” terdiri dari 75 judul puisi. Mengapa 52? Ya, angka itu hanya sebagai penanda umurku yang telah melewati setengah abad lebih. Sebagai bentuk syukur atas karunia kesehatan, panjang umur, ilmu yang bermanfaat, dan kelapangan hati dalam membaca alam ini. Sedangkan angka 75 itu adalah obsesiku untuk menerbitkan buku sampai 75 judul. Sementara baru 3 judul buku yang bisa kuselesaikan, satu sudah terbit tahun 2012 yakni “Bunga Rampai, Guru Kehidupan” dan yang dua masih proses pra cetak. Tidak apa kan, bermimpi setinggi langit? Untuk memotivasi diri untuk terus menggeliatkan literasi dan berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat.

Dua buku kumpulan puisiku tersebut dari segi bahasa masih sangat sederhana. Ada beberapa judul puisi yang nampak taburan majasnya, diksinya bersayap, dan maknanya hasil perenungan dari adanya fenomena alam. Selebihnya adalah cermin diri, suara hati, jeritan alam, dan berbagai gejala yang menyeruak di dada. Apakah anda penasaran? Silakan colek aku ya haha...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah hebat, sekali diklat 2 buku dihasilkan, Alhamdulillah, Barokallah

06 Jun
Balas

Terima kasih pak, alhamdulillah. Itu hanya kumpulan puisi pak, agar terdokumentasi dengan baik. Masih ada PR tantangan pak Syaihu untuk nerbitkan buku barengan/duet penulis.

06 Jun

Slamat ya bu Eko Hastuti, ttap mwnulis

06 Jun
Balas

Ya bu, saling memotivasi biar semangat. Makasih bu Rom.

06 Jun
Balas

Woww...pantesan gak muncul, rupanya bertapa dan menghasilkan 2 buku. Barakallah...bu. Terus berprestasi. Salam sehat dan sukses selalu. Jangan lupa kabari kalau sudah terbit.

06 Jun
Balas

Alhamdulillah bu Nana sudah datang, hatiku riang. Apresiasinya selalu hangat dan meriah. Duh senangnya. Doanya selalu sejuk, membuatku damai dan bersemangat. Oke, insyaallah tidak lupa kasih kabar kalau dah terbit. Salam sehat dan sukses juga, jangan lelah berbagi ya. Makasih.

06 Jun

Hebat, Bu. Salut!

06 Jun
Balas

Makasih pak, apresiasinya membanggakan. Nambah semangat nulisku. Alhamdulillah.

06 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali