Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Bunga Rampai Guru Kehidupan

Bunga Rampai Guru Kehidupan

Judul Buku : Bunga Rampai Guru Kehidupan

Penulis : Eko Hastuti

Penerbit : Rumahnabi

Kota Terbit : Yogyakarta

Tahun : 2012

Tebal Buku : 113

Sinopsis

Buku Bunga Rampai ini berisi berbagai tulisan karya Eko Hastuti, guru SMPN 1 Wonosobo. Jinisnya bermacam-macam berupa artikel, puisi, cerpen, geguritan, dan cerkak. Memang buku ini adalah dokumentasi karya penulisnya agar karya-karyanya tidak tercecer. Penulis menyadari bahwa aktivitas menulis dalam bentuk apa pun dan sekecil apa pun, merupakan perpaduan antara cipta, rasa, dan karsa. Lah rasa bisa terlahir dari curahan hati, jeritan nurani, atau sentuhan fenomena yang menggejala di sekitar hidup kita. Lah cipta menjadi wahana memilih bentuk sastra yang efektif dalam mencerminkan kepekaan hati, keluhuran budi, dan kedalaman nurani. Olah karsa, memberikan gambaran seberapa besar minat orang dalam mewujudkan keinginan dan harapan akan kehidupan yang lebih baik.

Ketika menulis sudah dipilih untuk berbagi dan bersinergi dalam kehidupan, lahirlah puisi, cerpen, artikel, cerkak, geguritan, esai, dan lain-lain. Di dalamnya terekam nilai-nilai kehidupan yang dapat dijadikan suri tauladan atau sebagai cerminan hidup. Bahwa kebaikan akan mengalahkan keburukan, kebohongan akan terkuak. Kesombongan akan disadarkan dengan ujian dan kegagalan. Keserakahan akan datangkan kehancuran. Sebaliknya, rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, melahirkan rasa memiliki dan peduli. Ingkungan alam yang asri harus kita lindungi. Mari dengan puisi kita lantunkan puja-puji. Dengan sastra kita rekam keindahan semesta, yang aman damai sentosa.

Buku menjadi penting dalam kehidupan manusia, karena bila kita membacanya akan mendapat banyak manfaat. Selain pengalaman bertambah. Wawasan jadi luas, juga membuat pikiran lapang. Bahkan menurut Bung Karno, “Buku bisa membuat pembacanya melalang ke belahan dunia”. Masih ragu untuk baca buku? Buku ini berisi 7 artikel, 2 cerpen, 2 cerkak, 5 puisi, dan 2 geguritan. Dari segi bahasa memang gado-gado, berbahasa Jawa dan Indonesia. Tapi gado-gado kalau disantap enak juga kan?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah..., sang srikandi ternyata jauh-jauh hari sudah jadi penulis hebat. Duuh..., bagi-bagi dong ilmunya. Jazakillah khoir...bu. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

03 May
Balas

Edisi untuk menyemangati diri bu Nana dengan mengingat masa lalu. Itu karya dokumenter kok bu, sekedar untuk mengumpulkan dan menyimpan saja dari pada tercecer. Sebagian karya sudah terbit di media. Dua cerkakku terbit di majalah berbahasa Jawa "Djaka Lodang". Dua cerpenku, hasil lomba menulis cipta cerpen alahamdulillah keduanya dapat juara. Salah satu artikelku juga saya ikutkan lomba tingkat provinsi tapi hanya dapat juara harapan. Pesaingnya bukan tandinganku bu. Jadi tetap bangga dapat harapan. Beberapa artikel yang lain sudah terbit di majalah sekolah, "Eksis Spenza". Makasih ya bu silaturahminya, membakar adrenalin untuk menulis nih. Jangan bosan berkunjung ya.

04 May

Dahsyat ..

04 May
Balas

Makasih bu, sekedar megenang masa lalu hehe...

04 May

Luar biasa, Subhanallah ternyata ibu adalah penulis yang sudah melahirkan beberapa buku hebat, maka tulisan sekecil apapun sangat berguna, buku-buku saya juga kumpulan tulisan yang ada di Gurusiana, monggo Duet Penulis kita wujudkan ibu biar tambah banyak koleksi buku kita,

04 May
Balas

Insyaallah pak, saya coba. Mohon bimbingannya nggih.

04 May

Subhanallah...trnyata penndatabg baru yg pemain lama. Sdh malang malang, eh...malang melintangnya bu... Pantesan mulus jalannya. Selamat....

04 May
Balas

Menulis walaupun sudah lama, tapi begitu berhenti, mau nulis lagi harus mulai dari nol lagi bu. Sebaiknya memang harus konsisten. Makasih kunjungan dan apresiasi bu Sumintarsih yang membanggakan.

04 May

Hebat bu Eko. Semoga semangatnya menular ke saya

04 May
Balas

Semangat bu Endang malah sudah nulari saya lho, luar biasa bu. Jadi pengurus FIG Wonosobo dapat mengakomodir teman-teman guru Wonosobo hingga semakin semangat literasinya.

04 May

Bu Eko, joslah

04 May
Balas

Makasih bu Rom, njenengan lebih jos bu. Selalu mengapresiasi dan memotivasi.

05 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali