Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
ANTOLOGI GURUSIANA TENTANG LITERASI

ANTOLOGI GURUSIANA TENTANG LITERASI

Judul
: Antologi Gurusiana, Gurusianer Bicara Literasi
Penulis
: 18 Gurusianer Indonesia
Editor
: Eko Prasetyo
Penerbit
: CV. Pustaka MediaGuru
Kota Terbit
: Surabaya
Tahun Terbit
: 2017
Tebal Buku
: 78 halaman

Sebagai garda paling depan dalam mencerdaskan bangsa, guru harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam mengajar, pengembangan diri, dan publikasi ilmiah. Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionaisme guru tersebut dapat dilakukan dengan membaca dan menulis. Dengan membaca, kekayaan intelektualnya bertambah. Dengan menulis keterampilan untuk melakukan pengembangan profesi akan lebih baik. Diharapkan dengan guru memiliki kemampuan menulis tersebut dunia literasi semakin berkembang. Semakin banyak guru yang menggeliatkan literasi, tumbuh generasi muda yang melek teknologi, dan menjadi literer yang cerdas dan berbudi luhur. Guru pun semakin mulia karena memiliki karya yang berkualitas. Karena itu, terbitnya buku karya 18 gurusioner Indonesia ini merupakan kebanggaan bagi guru-guru Indonesia. Buku karya guru tersebut sebagai bukti kalau guru-guru mampu menulis dan menumbuhkan kecintaan terhadap dunia literasi. Yang pada ujungnya akan menjadi teladan bagi siswa-siswinya di sekolah masing-masing.

Artikel tentang literasi ini, dapat dijadikan referensi guru-guru untuk menerapkan kegiatan literasi di sekolah masing-masing. Berbagai metode dan model pengembangan literasi dapat dipilih untuk dicoba. Pentingnya literasi bagi pembentukkan kharakter siswa juga diuraikan dengan jelas. Antara artikel satu dan lainnya seolah memperjelas dan saling melengkapi. Motivasi untuk kemajuan literasi juga ditegaskan dengan slogan-slogan seperti, Tulis bukumu dan hiduplah seribu tahun”. Jenis-jenis literasi dan kreativitas pengembangannya juga dijelaskan secara detail.

Intinya, buku ini memberikan banyak alternatif model pengembangan literasi di PAUD hingga SMA. Termasuk literasi sekolah daerah pegunungan, sekolah rujukan, dan sekolah-sekolah lain baik negeri maupun swasta. Bagi anda penasaran, silakan dibaca bukunya dengan cermat semoga akan lahir generasi yang literat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Insyaallah ...Aamiin. Memang luar biasa para guru...ya bu. Barakallah.

28 Apr
Balas

Semangat literasi nan tak kunjung padam.

28 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali